:: Visi dan Misi Perpustakaan ::

Perpustakaan Universitas Tarumanagara mengemban tugas utama menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Tarumanagara (Pendidikan dan pengajaran,Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

Dalam melaksanakan tugas utamanya,Perpustakaan perlu menyelaraskan dengan Visi dan Misi Universitas Tarumanagara. Seperti telah dirumuskan,Visi Universitas Tarumanagara adalah ?Menjadi universitas yang diakui keunggulannya di dalam negeri dan diperhitungkan di kancah regional?.

Sedangkan Misinya ada empat hal,yakni: Pertama,melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berbudi luhur. Kedua,melaksanakan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan,teknologi dan seni. Ketiga,melaksanakan pelatihan untuk menghasilkan lulusan yang terampil. Keempat adalah mengusahakan temuan dan rekacipta di bidang ilmu pengetahuan,teknologi dan seni melalui penelitian dan perancangan.

Berkaitan dengan tugas dan tanggungjawab tersebut maka Perpustakaan Universitas Tarumanagara memilih motto ?Pro Excelentia Academia?.

Makna motto tersebut berarti ?mendukung terwujudnya keunggulan kampus? atau ?demi keunggulan kampus?.

Ide dan semangat yang terkandung di dalam motto tersebut selaras dengan Visi dan Misi Universitas Tarumanagara. Harapannya,agar Perpustakaan mampu berperan aktifemberikan kontribusi optimal untuk mewujudkan Visi dan Misi dimaksud.

Seiring dengan meningkatnnya kebutuhan informasi ilmiah serta pesatnya perkembangan Ipteks,maka Perpustakaan terus berupaya mengembangkan diri dan berusaha untuk meningkatkan mutu layanannya. Berkaitan dengan upaya tersebut, Perpustakaan telah mendapatkan dukungan penuh dari Pusat Komputer (Puskom) Universitas Tarumanagara.

Puskom telah berhasil menciptakan dan mengembangkan sendiri program aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Tarumanagara (SIP Untar). Pengembangan program terus dilakukan. Tanggal 9 September 2004 patut dicatat sebagai langkah awal Perpustakaan ?on line?. Meskipun relative masih terbatas menyajikan data catalog, Perpustakaan mulai tanggal tersebut telah dapat diakses melalui web site Universitas Tarumanagara (www.tarumanagara.ac.id.).

Sesuai dengan motto ?Pro Excelentia Academia? Perpustakaan Universitas Tarumanagara akan terus mengembangkan diri agar mampu berperan optimal sebagai mediator dan sumber informasi Ipteks yang semakin lengkap dan mutakhir, sebagai ?pusat belajar? maupun sebagai ?agen perubahan? demi kemajuan Kampus Universitas Tarumanagara serta memberikan andil rangka membangun bangsa dan negara Indonesia yang lebih maju,adil dan sejahtera.

Background