:: Informasi Detail Skripsi/Thesis ::

Kembali
Informasi Judul

Id : 25309
Call Number : 658.818(043) WIJ t
Judul : Tingkat kepuasan warga lanjut usia terhadap layanan transportasi umum di Jabodetabek
Pengarang : Wijaya, Reyner Vicgor
Nim : 325180019
Kota : Jakarta
Tahun Terbit : 2022
Deskripsi Fisik : x, 76 p. : ill. ; 30 cm.
Pembimbing : 1.Putranto, Leksmono Suryo
Bidang : 1.Teknik Sipil
Subjek : 1.Pelayanan Pelanggan - Kepuasan Pelanggan
Abstrak : Kebutuhan dan hal yang diinginkan lansia seringkali diabaikan oleh penyedia jasa transportasi serta pembuat kebijakan, sehingga mempengaruhi tingkat kepuasan warga lanjut usia (lansia) dalam menggunakan transportasi umum sehari-hari. Kebijakan transportasi umum yang ada saat ini gagal menyediakan layanan transportasi yang ramah lansia seperti penyediaan kursi prioritas dalam transportasi umum, penyediaan kursi yang lebih banyak di halte atau pemberhentian, kecepatan kendaraan yang stabil, dan lain sebagainya. Kehadiran transportasi umum dan layanannya yang baik akan menjadi faktor sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup, rasa kebebasan dan kemandirian para warga lanjut usia. Penelitian ini meninjau beberapa aspek layanan seperti kualitas pelayanan, keterjangkauan, keteraturan, dan kenyamanan. Tujuan penelitian ini yaitu menunjukkan tingkat kepuasan warga lanjut usia terhadap pelayanan transportasi umum yang tersedia, menunjukkan dalam aspek apa lansia merasa puas dengan pelayanan transportasi umum, menjelaskan pengaruh usia, jenis kelamin, dan domisili terhadap tingkat kepuasan warga lanjut usia. Alat untuk mengumpulkan data yang digunakan dalam survei ini berupa kuesioner daring. Analisis dilakukan dengan metode uji selisih mean dan metode regresi ordinal dengan taraf nyata 0,05. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa mayoritas responden menyatakan kepuasannya dengan pelayanan transportasi umum yang telah disediakan saat ini. Kata kunci: Aspek layanan, tingkat kepuasan, warga lansia, regresi ordinal, uji selisih sebuah mean.
File :

Kembali

Background