:: Informasi Detail Skripsi/Thesis ::

Kembali
Informasi Judul

Id : 25260
Call Number : 725.57(043) NUG k
Judul : Kajian kebutuhan ruang sesuai prinsip penyelenggaraan daycare dengan tipe Montessori
Pengarang : Nugrahati, Annisa Dina
Nim : 317201002
Kota : Jakarta
Tahun Terbit : 2021
Deskripsi Fisik : vi, 124 p. : ill. ; 30 cm.
Pembimbing : 1.Fatimah, Titin
1.Fatimah, Titin
Bidang : 1.Arsitektur S2
Subjek : 1.Arsitektur Penitipan Anak
Abstrak : Daycare di Indonesia masih banyak yang belum memadai dari segi fasilitas, infrastruktur bahkan proses pembelajarannya. Padahal tingkat kebutuhan tiap tahunnya terus meningkat dikarenakan semakin meningkatnya jumlah orangtua, khususnya ibu yang bekerja. Daycare sendiri merupakan tempat penitipan bagi bayi, balita, anak-anak pra sekolah dan usia sekolah mulai dari usia 0-36 bulan. Prinsip Daycare sendiri terdiri dari 4 (empat), yaitu Tempa, Asah, Asih dan Asuh. Keempat itu merupakan pertimbangan utama dalam penyelenggaraan tempat penitipan anak, dan tentu saja masing-masing diantaranya memiliki kebutuhan arsitektural yang spesifik untuk mendukung pelaksanaan prinsip itu. tempa bertujuan untuk meningkatkan kualitas fisik dan upaya pemeliharan kesehatan anak. Sedangkan yang dimaksud asah ialah pengembangan seluruh potensi anak melalui belajar dan bermain. Kemudian asih yang bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan anak terhadap perlindungan diri, dan yang terakhir asuh yang memiliki tujuan pembentuk kualitas kepribadian sang anak. Diantara banyaknya penerapan metode penyelenggaraan Daycare, terdapat salah satu metode pendidikan yang banyak diterapkan ialah metode Montessori. Metode Montessori sendiri merupakan sebuah metode pendidikan yang terbentuk oleh lingkungan sang anak dan anak mendapat kebebasan untuk menentukan materi pembelajarannya. Lingkungan tersebut kemudian menciptakan ruang yang sesuai dengan kebutuhan anak. Adapun terdapat 5 (lima) fokus sistem pendidikan metode montessori, yaitu latihan Practical life, pembelajaran melalui sensori, bahasa, kultur dan matematika. Penelitian ini menggabungkan keempat prinsip penerapan Daycare dan penerapan metode Montessori untuk menghasilkan kajian kebutuhan ruang yang sesuai dengan prinsip penyelenggaraan Daycare tipe Montessori.
File :

Kembali

Background