:: Informasi Detail Skripsi/Thesis ::

Kembali
Informasi Judul

Id : 25189
Call Number : 744.9(043) VAL p
Judul : Perancangan identitas visual UMKM Ani Dessert (DKV - 2600)
Pengarang : Valentine, Angela
Nim : 625170033
Kota : Jakarta
Tahun Terbit : 2021
Deskripsi Fisik : xxii, 232 p. : ill. ; 30 cm.
Pembimbing : 1.Andreas
1.Andreas
Bidang : 1.Desain Komunikasi Visual
Subjek : 1.Desain Logo
Abstrak : http://repository.untar.ac.id/30004/ Di Indonesia terutama Jakarta, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sedang berkembang pesat terutama di bidang kuliner, yang menjadi kebutuhan pokok setiap masyarakat. Hal ini disebabkan karena produk UMKM memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan produk besar lainnya. Sebagai usaha yang sedang berkembang, UMKM memiliki persoalan dimana banyak UMKM yang menawarkan produk yang sama dengan harga yang mirip sehingga konsumen bingung untuk memilih produk UMKM mana yang akan mereka beli. Permasalahan ini juga dirasakan oleh Ani Dessert. Ani Dessert merupakan sebuah UMKM yang berdiri sejak 2015 dan bergerak di bidang makanan penutup berupa agar atau puding segar dan sehat dengan bahan dasar buah organik dan menggunakan 100% bahan alami, yang memiliki keunikan di produknya yang dapat dipilih sesuai dengan selera konsumen. Walaupun Ani Dessert sudah berdiri sejak 2015, namun masih banyak konsumen yang belum mengetahui produk ini karena penjualan sebelumnya yang masih berdasarkan pemasaran regular dan belum adanya identitas visual yang membedakan Ani Dessert dengan UMKM sejenis lainnya. Khalayak sasaran dari Ani Dessert merupakan pria atau wanita kaum milenial, yang lahir pada tahun 1982 sampai awal tahun 2000 atau berusia 20 sampai 37 tahun yang berasal dari golongan menengah keatas dan sering mengkonsumsi makanan manis namun ingin tetap sehat. Perancangan ini dimulai dari pengumpulan data melalui riset, wawancara, kuesioner dan studi pustaka, sehingga ditemukan kata kunci ulir, sehat, segar dan custom, dengan ide besar yang menekankan pada segar dan sehat. Hasil dari perancangan ini adalah keseluruhan identitas visual yang dapat menekankan pada produk dan identitas mereknya yang sehat dan segar berupa logo, GSM sampai implementasi pada berbagai media yang sesuai dengan kebutuhan Ani Dessert untuk melakukan ekspansi penjualan secara online dan membuka gerai pertamanya di Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari keseluruhan identitas visual Ani Dessert yang memiliki cerita dimana Ani Dessert memiliki produk berupa agar dan puding yang sehat dan segar dengan kemasan ulir yang terbuat dari buah organik dan dapat disesuaikan dengan selera konsumen. Identitas visual ini juga akan memiliki kesan dinamis sesuai dengan bentuk logogram yang bulat atau melingkar pada setiap elemenya. Font yang dipakai dalam identitas visual Ani Dessert merupakan font yang dibuat khusus dan disesuaikan dengan karakteristik Ani Dessert. Selain itu, warna yang digunakan adalah warna yang telah disesuaikan dengan warna asli buah dan teori warna yang dapat mewakili produk Ani Dessert yang memiliki tekstur lembut dan kenyal.
File :

Kembali

Background