:: Informasi Detail Skripsi/Thesis ::

Kembali
Informasi Judul

Id : 25109
Call Number : 744.9(043) PRI p
Judul : Perancangan ulang identitas visual Duta Bakwan dan Cwie Mie Malang (DKV - 2525)
Pengarang : Priscilla, Jenifer
Nim : 625170084
Kota : Jakarta
Tahun Terbit : 2021
Deskripsi Fisik : xvii, 122 p. : ill. ; 30 cm.
Pembimbing : 1.Danarto, Agus
1.Danarto, Agus
Bidang : 1.Desain Komunikasi Visual
Subjek : 1.Desain Logo
Abstrak : http://repository.untar.ac.id/30048/ Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki keanekaragaman kuliner dengan citarasa tersendiri. Salah satunya adalah restoran Duta Bakwan yang menawarkan makanan khas Malang. Duta Bakwan ingin mengedepankan nilai buatan tangan dan hygienis serta ingin menunjukan sisi Malang yang menjadi karakteristik utama dari restoran ini. Namun, sayangnya logo yang dimiliki saat ini, terkesan kaku, mekanistik, adanya distorsi pada logo, terlalu banyak elemen warna dan tidak mencerminkan karakteristik yang ingin disampaikan. Selain itu, warna biru yang digunakan pada logo terkesan sangat mendominasi, tentunya hal ini sangat tidak baik bagi konsumen serta tidak adanya konsistensi dalam penerapan media aplikasi. Perancangan ulang dilakukan agar karakteristik buatan tangan dan hasil olahan rumah yang menjadi ciri khas restoran dapat dilihat sehingga memiliki citra positif dan menarik hati para konsumen serta dapat bersaing dengan usaha-usaha makanan khas Malang lainnya yang sudah berdiri sejak lama dan lebih memiliki nama. Perancangan ini menggunakan model 5 tahap oleh Robin Landa yang terdiri atas Orientasi, Analisis dan Strategi, Konsep Perancangan, Pengembangan dan Implementasi Desain. Pengambilan data primer didapatkan dari wawancara dengan pemilik restoran Duta Bakwan, serta dilakukannya penyebaran kuesioner kepada 115 responden. Sementara data sekunder didapat dari studi pustaka yang berkaitan tentang identitas visual, buatan tangan, hygienis, dan Malang. Hasil dari perancangan ini adalah identitas visual Duta Bakwan dapat mencerminkan karakteristik yang dimiliki sehingga dapat menaikan citra positif bagi konsumen. Perancangan ulang ini mengambil 3 kata kunci utama yaitu utusan, hyangienis, dan buatan rumah. Logotype menggunakan jenis huruf yang ekspresif untuk menunjukan kesan yang tidak kaku dan menunjukan hasil buatan tangan karena tidak menggunakan font default yang sudah tersedia. Dalam pemilihan warna, dipilihlah warna merah dan kuning sebagai warna dominan karena warna ini dipercaya dapat mengundang rasa lapar dan memberikan kebahagiaan bagi para konsumen. Warna coklat dipilih untuk menggambarkan warna blankon yang pada umumnya dipakai oleh orang Malang. Terakhir, warna hitam dipilih sebagai warna dari pakaian khas Malang serta untuk memberi kesan tegas dan memudahkan keterbacaan pada logotype Duta Bakwan.
File :

Kembali

Background